Sabtu,
Sambut HPN 2018 Gubernur Sumbar Buka Seminar Edukasi Lingkungan Bagi Wartawan
Kamis, 11 Januari 2018 - 22:27:59 WIB
PadangTIME.com --“Pemerintah Sumatera Barat sangat komit untuk menjaga lingkungan, terutama hutan. Dengan keseriusan tersebut, Sumbar salah satu daerah yang paling banyak mendapatkan penghargaan terkait lingkungan, Hal ini dikatakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang membuka secara resmi seminar edukasi lingkungan bagi wartawan dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Irwan Prayitno  mengungkapkan, saat ini masih ada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tidak paham dengan aturan lingkungan, bahkan ada yang tidak mau tahu."Ini adalah langkah baik dalam menyatukan cara pandang yang sama terhadap lingkungan, sehingga kita sama-sama dapat menjaga lingkungan," sebut Gubernur Irwan Prayitno pada pembukaan kegiatan tersebut.

Menurutnya, jika tidak ada satu pandangan dalam melihat satu persoalan, maka akan menghasilkan penilaian yang berbeda pula. Untuk itu seandainya media satu pandangan, maka semua persoalan terkait lingkungan dapat diatasi dengan baik.

"Ada yang mengaku aktivis, asal menentang saja. Tidak paham, ada yang pura-pura tidak paham. Kalau sudah begitu susah. Untuk itu dengan adanya wawasan lingkungan hidup yang diberikan pada wartawan, dapat menciptakan informasi yang tepat terkait lingkungan. Karena media menjadi sumber informasi yang berpengaruh bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah menyatakan, ini merupakan upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar dalam memberikan tambahan ilmu bagi awak media. Dimana, isu lingkungan ini sangat strategis, sehingga nanti adanya penjelasan tambahan kepada awak media dalam menambah referensi isi pemberitaan yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Pada kegiatan seminar  dengan tema jurnalis lingkungan membangun kesadaran dan empati masyarakat terhadap lingkungan tersebut, juga dilakukan kegiatan peninjauan ke lapangan.

Tinjauan lapangan ke beberapa titik di Kota Padang diantaranya dilakukan di bawah jembatan Siti Nurbaya kawasan Sungai Batang Arau, dan memantau di kawasan jembatan aliran sungai tepat di bawah jembatan Ujung Tanah. Lubuk Begalung. Dari kegiatan itu wartawan diminta mengindifikasi isu terkait dampak lingkungan yang ada di lokasi kunjungan .





A A A